b12

.....SILATURRAHIM dan berbagi setiap hal yang bermamfaat dan membawa hikmah - saling mengingatkan, mencoba sampaikan dan lakukan... El Sa Ha...

Malunya Allah & Rasul

Dimanakah rasa malu itu, apakah hanya ada dalam lubuk hati yang paling dalam, malu pada tetangga, malu pada teman sekolah, malu pada teman kerja, malu atas kedudukannya, malu atas statusnya, malu berbuat jahat, malu tidak punya harta, malu meminta-minta, malu berbuat, mungkin malu berbuat kebaikan, malu berhijrah menuju lebih baik,,, sungguh budaya malu itu sangat-sangat indah bila karena Allah SWT...
Allah malu pada hambaNya...
Rasulullah prbadi yang sangat pemalu..



Dari Salman Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya Tuhanmu Pemalu dan Pemurah, Dia akan malu terhadap hamba-Nya bila ia mengangkat tangannya kepada-Nya, lalu Dia mengembalikannya dengan tangan kosong." Riwayat Imam Empat selain Nasa'i. Hadits shahih menurut Hakim.

Nabi Saw lebih malu daripada seorang gadis dalam pingitannya. (HR. Bukhari)


Tidak ada kemelaratan yang lebih parah dari kebodohan dan tidak ada harta (kekayaan) yang lebih bermanfaat dari kesempurnaan akal. Tidak ada kesendirian yang lebih terisolir dari ujub (rasa angkuh) dan tidak ada tolong-menolong yang lebih kokoh dari musyawarah. Tidak ada kesempurnaan akal melebihi perencanaan (yang baik dan matang) dan tidak ada kedudukan yang lebih tinggi dar
akhlak yang luhur. Tidak ada wara' yang lebih baik dari menjaga diri (memelihara harga dan kehormatan diri), dan tidak ada ibadah yang lebih mengesankan dari tafakur (berpikir), serta tidak ada iman yang lebih sempurna dari sifat malu dan sabar. (HR. Ibnu Majah dan Ath-Thabrani)


Sifat malu adalah sebagian  dari iman dan keimanan itu di surga, sedangkan perkataan busuk adalah kebengisan tabi'at dan kebengisan tabi'at di neraka. (HR. Bukhari dan Tirmidzi)


Dari Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Di antara nasehat yang di dapat orang-orang dari sabda nabi-nabi terdahulu ialah: Jika engkau tidak malu, berbuatlah sekehendakmu." Riwayat Bukhari.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih. Dan malu adalah salah satu cabang iman. (Shahih Muslim)

Hadis riwayat Ibnu Umar ra., ia berkata: Nabi saw. mendengar seseorang menasehati saudaranya dalam hal malu, lalu Nabi saw. bersabda: malu adalah bagian dari iman. (Shahih Muslim)

Hadis riwayat Imran bin Husaini ra., ia berkata: Nabi saw. pernah bersabda: malu itu tidak datang kecuali dengan membawa kebaikan. (Shahih Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar